Pengertian Perilaku Konsumen , Riset Pasar dan CRM ( Customer Relationship Management )
A . Perilaku Konsumen
Perilaku
konsumen merupakan suatu proses yang berkaitan erat dengan proses pembelian,
pada saat itu konsumen melakukan aktifitas-aktifitas seperti melakukan
pencarian, penelitian, dan pengevaluasian produk. Perilaku konsumen merupakan
hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
Yang termasuk ke dalam
perilaku konsumen selain mengenai kualitas produk, juga meliputi harga produk
atau jasa tersebut. Jika harga suatu produk tidak terlalu tinggi, maka konsumen
tidak akan terlalu lama membutuhkan waktu untuk memikirkan dan melakukan
aktifitas perilaku konsumen. Namun jika harga suatu barang atau jasa tersebut
bisa dibilang tinggi, atau mahal, maka konsumen tersebut akan memberikan effort lebih
terhadap barang tersebut. Pembeli tersebut akan semakin lama melakukan perilaku
konsumen, seperti melihat, menanyakan, mengevaluasi, dan mempertimbangkan.
Berikut beberapa
ciri-ciri yang menjadi dasar perbedaan antara perilaku konsumen yang bersifat
rasional dan perilaku konsumen yang bersifat irrasional.
Berikut ini beberapa
ciri-ciri dari Perilaku Konsumen yang bersifat Rasional:
1. Konsumen memilih
barang berdasarkan kebutuhan
2. Barang yang dipilih
konsumen memberikan kegunaan optimal bagi konsumen
3. Konsumen
memilih barang yang mutunya terjamin
4. Konsumen memilih
barang yang harganya sesuai dengan kemampuan konsumen
Beberapa ciri-ciri
Perilaku Konsumen yang bersifat Irrasional:
1. Konsumen sangat
cepat tertarik dengan iklan dan promosi di media cetak maupun elektronik
2. Konsumen memilih
barang-barang bermerk atau branded yang sudah dikenal luas
3. Konsumen memilih
barang bukan berdasarkan kebutuhan, melainkan gengsi atau prestise
B. Riset Pasar
Riset
pemasaran merupakan suatu kegiatan yang sistematik dan mempunyai tujuan dalam
hal pengindentifikasian masalah, peluang, pengumpulan data, pengolahan dan
penganalisisan data, penyebaran informasi yang bermanfaat untuk membantu
manajemen dalam rangka pengambilan keputusan identifikasi dan solusi yang
efektif-efisien di bidang pemasaran perusahaan (Sunarta, 2007).
C. CRM ( Customer
Relationship Management )
CRM merupakan
sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi dan pelanggan pada
level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi, pemasaran melalui
pengelolaan berbagai kontak yang berbeda dengan pelanggan.
ciputrauceo.net/blog/2015/6/11/perilaku-konsumen
https://galihadi.wordpress.com/pengertian-crm/
www.undhirabali.ac.id
Komentar
Posting Komentar